POHON KERAMAT

Karena keluarga saya berasal dari jawa, maka sudah tidak aneh lagi bahwa segala sesuatunya berkaitan erat dengan mistis. Walaupun saya sendiri sebenarnya tidak percaya akan hal-hal mistis. Keluarga saya memepercayai bahwa pohon besar yang ada didepan rumah adalah tempat bersemayamnya makhluk-makhluk halus. Maka dari itu setiap malam jumat kliwon di letakan bebarapa sesajen berupa kopi hitam dan makanan lainnya.

Saya yang tidak percaya akan hal-hal mistis, agak kesal dengan cara yang dilakukan keluarga saya dengan memberikan sesajian seperti itu. Hingga terkadang saya memakan sesajian itu sendiri, meminum kopinya dan lainnya. Pernah juga saya meminum kopi itu sambil duduk diatas pohonnya. Semua itu saya lakukan karena saya tidak percaya akan hal-hal mistis.

Namun satu hal yang pernah saya alami, yaitu saat keluarga saya sedang memberikan sesaji pada pohon di depan rumah, dari kejauhan saya melihat sosok dengan tubuh yang sangat tinggi sedang berjalan mengarah ke pohon itu. Namun yang membuat saya terkejut adalah saat pemberian sesaji itu saya melihat di sekeliling keluarga saya ditemani oleh makhluk-makhluk aneh, makhluk perempuan berbaju putih dan lainnya. Namun anehnya keluarga saya seperti tidak melihatnya. Saya hanya bisa menunduk selama proses pemberian sesajian itu.

Karena kejadian itulah saya mulai memahami bahwa kita hidup di dunia ini berdampingan dengan makhluk lainnya. Tapi tetap saja saya kurang setuju dengan cara yang dilakukan keluarga saya itu. Sekian~

Comments